Home Teknologi Penjelasan Mengenai Aplikasi Layanan Windows Web Hosting

Penjelasan Mengenai Aplikasi Layanan Windows Web Hosting

26 min read
0
573

Web hosting biasanya menyediakan kapasitas media penyimpanan dengan ukuran tertentu kepada para user dan user diberikan hak akses untuk dapat mengelola hosting tersebut. Bagi para pengguna komputer hal ini sudah tidak asing lagi, selai itu webhosting ini juga mulai melengkapi bisnisnya dengan layanan pembelian domain yang murah.

Windows web hosting ini juga memiliki banyak fitur unik. Sekarang hosting menjadi bisnis yang lebih menguntungkan. Dari pada penasaran, saya akan membahas lebih dalam lagi di bawah ini, ikutin terus ulasan berikut.

Apa Itu Aplikasi Layanan Windows?

Layanan Windows (sebelumnya dikenal sebagai layanan Windows NT) menyediakan model proses yang sangat cocok untuk aplikasi yang harus dijalankan dalam waktu lama dan tidak menampilkan bentuk antarmuka pengguna. Umur proses aplikasi layanan Windows dikelola oleh manajer kontrol layanan (SCM), yang memungkinkan Anda memulai, menghentikan dan menjeda aplikasi layanan Windows.

Anda dapat mengonfigurasi proses layanan Windows untuk memulai secara otomatis saat komputer dihidupkan, menjadikannya lingkungan hosting yang sesuai untuk aplikasi “selalu aktif”. Untuk informasi lebih lanjut tentang aplikasi layanan Windows, lihat Aplikasi Layanan Windows.

Aplikasi yang menghosting layanan Windows Communication Foundation (WCF) berjalan lama berbagi banyak karakteristik dengan layanan Windows. Secara khusus, layanan WCF adalah server executable yang berjalan lama yang tidak berinteraksi langsung dengan pengguna dan oleh karena itu tidak mengimplementasikan bentuk antarmuka pengguna.

Dengan demikian, hosting layanan WCF di dalam aplikasi layanan Windows adalah salah satu pilihan untuk membangun aplikasi WCF yang kuat dan berjalan lama.

Fungsi utama dari web hosting sebenarnya adalah untuk menjadi tempat penyimpanan segala file yang dibutuhkan untuk memungkinkan suatu website atau aplikasi online milik pengguna dapat dijalankan oleh pengguna yang lainnya. Web hosting juga berfungsi sebagai redireksi akses situs dari DNS tertentu.

Situs abcd tersebut memiliki alamat domain yang teregister ke dalam DNS tertentu. Saat kamu berusaha untuk mengakses situs tersebut, maka server atau penyedia domain dari situsmu tersebut akan mengakses alamat hosting yang kamu gunakan untuk menjalankan situsmu tersebut.

Dengan mengaktifkan web hosting, maka situs yang kamu miliki akan tetap online selama penyedia layanan hosting yang kamu miliki tersebut senantiasa terjaga dengan baik. Dengan demikian situsmu pasti dapat diakses oleh siapa saja dan kapan saja tanpa perlu khawatir situsmu tiba-tiba akan mati.

Seperti Apakah Layanan Windows Itu?

Layanan Windows adalah aplikasi yang masa hidupnya dikontrol melalui Service Control Manager (SCM). SCM secara otomatis dimulai ketika booting mesin Windows, memungkinkan kontrol lokal atau remote atas layanan Windows mesin. Anda dapat mengakses SCM melalui Control Panel di bawah Administrative Tools → Services. Melalui SCM Anda dapat: memulai, menghentikan, menghentikan sementara dan melanjutkan layanan serta mengedit pengaturan konfigurasi untuk layanan.

Layanan Windows adalah yang paling berguna dari lingkungan self-hosting untuk layanan WCF. Bahkan, untuk layanan yang digunakan dalam sistem server produksi, layanan Windows adalah satu-satunya pilihan hosting mandiri praktis karena beberapa alasan:

  • Layanan Windows dapat dikonfigurasi untuk memulai saat sistem dimulai tanpa mengharuskan pengguna untuk masuk ke mesin.
  • Manajer Kontrol Layanan dapat digunakan untuk mengelola startup layanan, memulai ulang, dan menjalankan perilaku lainnya — tidak diperlukan antarmuka pengguna khusus.
  • Layanan ini dapat dikonfigurasi untuk memulai kembali ketika menemukan kegagalan, meningkatkan ketersediaan secara keseluruhan.

Layanan Windows juga merupakan lingkungan self-hosting untuk layanan WCF, sehingga Anda menulis kode yang sama dengan konsol dan host Windows untuk menginisialisasi ServiceHost. Perbedaan utama untuk layanan Windows adalah di lokasi di mana inisialisasi dan pembersihan berlangsung. Di bagian ini, saya akan memandu Anda dalam membuat dan menerapkan layanan Windows dan menggunakannya untuk meng-host layanan WCF.

Mengontrol Startup Layanan

Layanan Windows biasanya diinstal sebagai bagian dari skrip penyebaran otomatis, daripada langsung melalui antarmuka SCM. Pengaturan konfigurasi untuk layanan juga dapat ditulis, tetapi juga dapat diedit melalui dialog properti yang disediakan oleh SCM. Gambar 4-7 menunjukkan properti umum untuk layanan Windows.

Selain dari informasi deskriptif, seperti nama layanan, nama tampilan, dan deskripsi, Anda juga dapat mengontrol jenis startup layanan dan secara eksplisit memulai, menghentikan, menjeda, atau melanjutkan layanan dari sini.

Jenis Startup adalah pengaturan penting karena ini menentukan apakah layanan diaktifkan atau tidak dan apakah layanan harus secara otomatis dimulai ketika mesin boot. Pilihannya adalah:

  1. Cacat : Layanan dinonaktifkan.
  2. Manual : Layanan harus secara manual mulai menggunakan SCM.
  3. Otomatis : Layanan harus mulai saat mesin di-boot.
  4. Otomatis (mulai tertunda) : Layanan ini harus dimulai setelah layanan lain yang tidak dijamah (prioritas tinggi) telah dimulai.
  • Identitas runtime

Anda dapat mengontrol identitas dimana layanan dijalankan dari tab Log On dari dialog properti layanan. Identitas akun ini penting karena mengatur sumber daya Windows yang akan diakses oleh layanan pada saat runtime, bersama dengan kredensial yang akan diteruskan jika layanan memanggil ke proses lain.

Pilihan untuk identitas adalah sebagai berikut:

  1. Layanan Lokal : Ini adalah identitas khusus yang menghadirkan kredensial anonim untuk panggilan keluar.
  2. Sistem Lokal : Ini merupakan akun berisiko dan sangat istimewa.
  3. Layanan Jaringan : Ini mewakili akun yang lebih aman, berlevelensi rendah, yang juga berarti bahwa layanan tersebut akan mengurangi akses ke sumber daya Windows.
  4. Pengguna Tertentu : Ini mewakili pengguna tertentu dan membutuhkan kata sandi disediakan, lebih disukai yang tidak akan kedaluwarsa.

Layanan dapat memiliki antarmuka pengguna hanya jika mereka berjalan sebagai akun sistem lokal.

  • Pemulihan

Fitur lain dari layanan Windows adalah opsi pemulihan mereka. Misalnya, jika terjadi kegagalan, layanan dapat dikonfigurasi untuk memulai ulang. Anda dapat mengatur tindakan pemulihan untuk kegagalan pertama dan kedua dan semua kegagalan berikutnya. Selain itu, Anda dapat mengontrol penundaan sebelum memulai ulang layanan dan mengatur ulang jumlah kegagalan setelah beberapa durasi.

Pilihan untuk pemulihan adalah sebagai berikut:

  1. Jangan bertindak apa-apa.
  2. Jalankan program.
  3. Mulai ulang layanan.
  4. Nyalakan ulang komputernya.

Penggunaan Aplikasi Layanan Windows

Seringkali, pengembang WCF harus memutuskan apakah akan meng-host aplikasi WCF mereka di dalam aplikasi layanan Windows atau di dalam layanan informasi Internet (IIS) atau lingkungan layanan aktivasi Windows Process Activation Service (WAS). Anda harus mempertimbangkan untuk menggunakan aplikasi layanan Windows dalam kondisi berikut:

  • Aplikasi Anda membutuhkan aktivasi eksplisit. Sebagai contoh, Anda harus menggunakan layanan Windows ketika aplikasi Anda harus mulai secara otomatis ketika server mulai bukannya mulai secara dinamis sebagai tanggapan terhadap pesan masuk pertama.
  • Proses yang menghosting aplikasi Anda harus tetap berjalan setelah dimulai. Setelah dimulai, proses layanan Windows tetap berjalan kecuali secara eksplisit ditutup oleh administrator server menggunakan manajer kontrol layanan. Aplikasi yang di-host di IIS atau WS dapat dimulai dan dihentikan secara dinamis untuk mengoptimalkan penggunaan sumber daya sistem. Aplikasi yang membutuhkan kontrol eksplisit selama masa proses hosting mereka harus menggunakan layanan Windows, bukan IIS atau WS.

Layanan WCF Anda harus berjalan di Windows Server 2003 dan menggunakan transport selain HTTP. Pada Windows Server 2003, lingkungan hosting IIS 6.0 dibatasi hanya untuk komunikasi HTTP. Aplikasi layanan Windows tidak tunduk pada pembatasan ini dan dapat menggunakan dukungan transportasi WCF, termasuk net.tcp, net.pipe dan net.msmq.

Pertimbangan untuk Layanan WCF

Ketika hosting layanan WCF dalam aplikasi layanan Windows, minimal, Anda akan menginisialisasi ServiceHost di OnStart () menimpa dan menutup ServiceHost di OnStop () menimpa, seperti yang diilustrasikan di bawah ini.

  1. Seorang pawang disediakan untuk acara Fault dari ServiceHost untuk menambahkan entri kesalahan ke log kejadian untuk administrator.
  2. Entri informasi ditulis ke entri log peristiwa untuk memberi tahu administrator alamat dasar dan port yang diservis oleh ServiceHost setelah dibuka.
  3. Entri informasi lain ditulis ketika ServiceHost ditutup.

Secara teori, layanan tidak boleh berhenti kecuali ada yang salah, atau administrator secara eksplisit menghentikannya melalui SCM. Untungnya, dalam kasus sebelumnya, layanan ini juga dapat dikonfigurasi di SCM untuk memulai kembali pada kegagalan seperti yang dibahas sebelumnya — fitur yang diperlukan untuk mesin server yang tidak dijaga.

  • Meskipun kode hosting sama seperti di lingkungan host-diri lain yang telah saya diskusikan, ada beberapa pertimbangan khusus untuk hosting layanan WCF dalam layanan Windows:
  • Untuk layanan Windows, OnStart () harus dijalankan dalam 30 detik secara default, atau akan gagal untuk memulai layanan. Jika kode startup membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dieksekusi, Anda dapat mengimplementasikan timer untuk mendelegasikan inisialisasi yang berjalan lebih lama setelah startup selesai. Menginisialisasi instance ServiceHost Anda harus berada dalam rentang waktu 30 detik.
  • OnStart () akan mencatat pengecualian di event log. Jika layanan tidak dimulai, Anda harus melihat log peristiwa untuk informasi yang menunjukkan penyebabnya.
  • Pengecualian yang tidak tertangkap setelah OnStart () tidak dapat direkam kecuali Anda secara eksplisit menangkap pengecualian dan mencatatnya. Sebagai contoh, jika Anda mendelegasikan inisialisasi ServiceHost menggunakan pengatur waktu, pastikan untuk menangkap pengecualian yang dilemparkan oleh fungsi Open () dan buat log untuk administrator untuk melihatnya.

Seperti halnya lingkungan hosting, identitas di mana layanan Windows berjalan akan mengatur sumber daya Windows yang memiliki akses pada saat runtime. Anda mungkin tidak ingin menjalankan layanan WCF Anda di bawah akun NETWORKSERVICE, yang berarti skrip penerapan Anda harus menyesuaikan akun tempat layanan dikonfigurasi untuk menghindari informasi akun hardcoding ke penginstal layanan Windows.

Cara Meng-host WCF di Dalam Aplikasi Layanan Windows

IIS dan Microsoft Windows NT termasuk dalam layanan windows hosting. Microsoft Windows Server memiliki fitur sangat baik untuk mengakhiri manajemen, skalabilitas, integrasi bisnis dengan internet dan kehandalan fitur. Jika anda ingin membuat situs web dengan menggunakan Microsoft FrontPage atau dengan menggunakan beberapa aplikasi Microsoft seperti ASP-Active Server Pages, maka anda dapat menggunakan windows web hosting.

  • Anda juga dapat menggunakan windows web hosting jika teman-teman menggunakan Indeks Server MS, .Net atau Visual Basic Script dalam pengembangan website.
  • Buat aplikasi layanan Windows. Anda dapat menulis aplikasi layanan Windows dalam kode yang dikelola menggunakan kelas di namespace System.ServiceProcess. Aplikasi ini harus menyertakan satu kelas yang mewarisi dari ServiceBase.
  • Tautkan masa pakai layanan WCF ke masa pakai aplikasi layanan Windows. Biasanya, Anda ingin layanan WCF di-host dalam aplikasi layanan Windows untuk menjadi aktif ketika layanan hosting dimulai, berhenti mendengarkan pesan ketika layanan hosting dihentikan dan mematikan proses hosting ketika layanan WCF menemui kesalahan.
  • Ganti OnStart (String []) untuk membuka satu atau beberapa instance ServiceHost. Satu aplikasi layanan Windows dapat meng-host beberapa layanan WCF yang mulai dan berhenti sebagai grup.
  • Mengganti OnStop untuk memanggil Ditutup pada ServiceHost semua layanan WCF yang berjalan yang dimulai selama OnStart (String []).
  • Berlangganan acara Faulted ServiceHost dan gunakan kelas ServiceController untuk mematikan aplikasi layanan Windows jika terjadi kesalahan.
  • Aplikasi layanan Windows yang meng-host layanan WCF dikerahkan dan dikelola dengan cara yang sama seperti aplikasi layanan Windows yang tidak menggunakan WCF.

Cara Menghosting Layanan windows di Iis

Layanan Windows menyediakan model proses yang sangat sesuai dengan aplikasi yang akan bertahan dalam eksekusi yang berjalan lama. Ini juga tidak akan menampilkan bentuk antarmuka pengguna apa pun karena waktu proses aplikasi layanan Windows dikelola oleh manajer kontrol layanan (SCM).

Proses ini memungkinkan pengguna untuk memulai, menghentikan dan bahkan menjeda aplikasi layanan Windows. Namun, pengguna juga dapat mengonfigurasi proses layanan Windows untuk memulai secara otomatis saat komputer dijalankan. Hal yang sama dimungkinkan dengan menjadikannya lingkungan hosting yang cocok untuk aplikasi “selalu aktif”.

Dengan bantuan dari server windows anda dapat dengan mudah menjalankan fasilitas jutaan pengguna karena produk Microsoft telah banyak digunakan saat ini. Windows web hosting memiliki banyak fitur unik yang hanya berjalan dengan baik di atasnya seperti konektivitas database ODBC.

Untuk menghosting Layanan Windows, pengguna harus :

  1. Buat aplikasi layanan Windows dengan menulis aplikasi layanan Windows dalam kode yang dikelola menggunakan kelas dalam Sistem.
  2. Tautkan masa pakai layanan WCF untuk seumur hidup aplikasi layanan Windows dengan hosting di aplikasi layanan Windows untuk menjadi aktif ketika layanan hosting dimulai, berhenti mendengarkan pesan ketika layanan hosting dihentikan dan matikan proses hosting saat Layanan WCF menemui kesalahan.

Cara Menghosting Aplikasi Windows di Cloud

Cara termudah untuk meng-host aplikasi windows di cloud adalah menginstal perangkat lunak dan semua komponennya pada sistem operasinya dan kemudian menggunakannya. Karena, ini adalah aplikasi berbasis web, pengguna perlu menghubungkannya ke browser karena sebagian besar perangkat lunak berbasis cloud disetel untuk cloud untuk sebagian besar waktu, karena perangkat lunak memerlukan database untuk menyimpan data.

Namun, pengembang bekerja dengan beberapa SQL dan No SQL Database sebagai opsi Layanan saat bekerja di Cloud karena berfungsi lebih efisien. Cloud juga menyediakan layanan lain, yang meliputi DNS, Hadoop, Machine Learning, dll. Karena Cloud Server beroperasi seperti dedicated server dengan hampir semua aplikasi dan dengan demikian pengguna dapat menginstal Cloud Server Hosting mereka. Namun, ada aplikasi tertentu, yang menolak berfungsi di server Cloud dan itu termasuk:

  • Perangkat lunak IRC
  • Situs peretasan, program, atau arsip
  • Situs Warez
  • Perangkat lunak bajakan
  • Distribusi file musik atau materi lain di mana pengguna tidak memiliki hak cipta
  • Konten yang melanggar hukum atau berbahaya lainnya

Skenario Penggunaan Layanan Windows Web Hosting

Anda dapat menggunakan layanan Windows untuk meng-host layanan WCF pada mesin klien dan server. Lebih umum untuk host pada mesin server, hanya karena upaya penyebaran tambahan menginstal layanan Windows pada klien mungkin tidak diinginkan. Untuk penyebaran server, layanan Windows menyediakan cara yang paling andal untuk meng-host layanan melalui protokol non-HTTP ketika IIS 7.0 dan WS tidak tersedia.

Secara khusus, karena mesin Windows Server 2003 tidak mendukung WS, layanan Windows adalah pilihan terbaik untuk layanan hosting melalui pipa bernama, TCP, atau protokol MSMQ. Secara khusus, ini akan berlaku untuk skenario seperti aplikasi intranet, atau layanan terdistribusi di belakang firewall.

Berikut adalah beberapa skenario yang mungkin mengharuskan penggunaan layanan Windows:

  • Dalam penyebaran klien-server klasik dimana klien adalah bagian dari domain Windows dan berkomunikasi dengan layanan pada server jauh menggunakan TCP.
  • Aplikasi web ASP.NET biasanya tidak menyimpan fungsi bisnis dalam kode halaman. Rakitan tingkat bisnis menyediakan fungsionalitas yang dikonsumsi oleh setiap halaman sesuai dengan fungsionalitas. Dalam sistem yang berorientasi layanan, halaman ini menggunakan layanan bisnis, bukan bisnis, yang berarti memanggil seluruh proses dan mungkin membatasi mesin untuk distribusi atau alasan keamanan.
  • Layanan WCF yang dipaparkan melalui protokol HTTP biasanya dihosting dalam proses pekerja ASP.NET melalui IIS pada mesin Windows Server 2003. Proses pekerja ASP.NET biasanya tidak memiliki hak untuk berbicara dengan sumber daya Windows yang dilindungi seperti database, sehingga tingkat layanan lain mungkin diperlukan untuk membuat model subsistem tepercaya.
  • Secara umum, setiap server Windows 2003 yang mengekspos layanan WCF melalui protokol non-HTTP akan menemukan layanan Windows satu-satunya opsi yang layak untuk memastikan startup otomatis dan restart pada kegagalan.
  • Mesin server untuk penyebaran ini biasanya tanpa pengawasan dan layanan Windows akan dikonfigurasi untuk memulai pada boot mesin dan memulai ulang pada dua kegagalan pertama (setelah kegagalan ketiga Anda mungkin memberi tahu administrator).

Selain itu, layanan Windows akan berjalan dengan identitas yang diberikan akses ke sumber daya server yang digunakannya. Untuk komunikasi ke layanan pada mesin yang sama, protokol pipa bernama akan digunakan, sementara protokol TCP digunakan untuk panggilan lintas-mesin. MSMQ juga dapat digunakan untuk pesan satu arah yang dapat diandalkan.

Layanan webhosting ini menciptakan suasana yang berteknologi tepat guna dengan memberikan harga yang murah sehingga penggunanya menjadi lebih nyaman. Suasana kerja yang nyaman ini memang juga didukung oleh tim kerja yang handal dan berpengalaman karena itulah penyedia layanan webhosting ini bisa berjalan hingga saat ini.

Itulah penjelasan mengenai ulasan di atas. Hal ini dapat memberikan fitur yang sangat baik untuk mengakhiri manajemen, skalabilitas, integrasi bisnis dengan internet dan kehandalan fitur. Ini juga tidak akan menampilkan bentuk antarmuka pengguna apa pun karena waktu proses aplikasi layanan Windows dikelola oleh manajer kontrol layanan. Sekian ulasan ini saya perbuat semoga bermanfaat.

Load More Related Articles
Load More By admin
Load More In Teknologi
Comments are closed.

Check Also

Seperti Apa Itu Depresi? Berikut Panjelasannya

Kehilangan orang yang dicintai, dipecat dari pekerjaan, mengalami perceraian dan situasi s…