Home blog Memahami Lebih Dalam Tentang Dropbox

Memahami Lebih Dalam Tentang Dropbox

28 min read
0
1,089

Mungkin masih ada diantara kalian yang masih awam dengan yang namanya Dropbox. Dropbox adalah layanan cloud yang memberi akses kepada kita untuk menyimpan gambar, dokumen, musik, video, dan file lainnya. Dan setiap file yang terkoneksi akan otomatis terhubung dengan komputer, ponsel, atau device lainnya yang memakai aplikasi dropbox. Jadi bagi Anda yang ingin mengetahuinya. Yuk, simak ulasannya di bawah ini.

Pengertian Dropbox

Dropbox adalah tempat penyimpanan media dalam awan (cloud) dan sarana untuk sinkronasi antar perangkat, kebanyakan file baik yang berbentuk gambar, musik, video, document, program maupun aplikasi dapat anda upload kesana. Dengan memanfaatkan layanan cloud storage, Anda dapat mengupload file dimanapun dan kapanpun serta melakukan backup dan restore data dari berbagai jenis perangkat dengan platform yang beragam.

Selain berfungsi sebagai media penyimpanan cloud dropbox juga bisa digunakan untuk sharing file. Saya sendiri bersama tim menggunakan dropbox untuk sharing file. Saat satu file diubah maka semua orang yang diinvite pada file tersebut akan dapat segera melihat perubahan secara real time, seperti layaknya berbagi file melalui jaringan LAN/WiFi, bedanya dropbox menggunakan jaringan internet jadi meskipun berada di tempat yang berbeda kami tetap bisa berkerja bersama.

Bagi semua orang terutama mereka yang membutuhkan tempat untuk menyimpan dan berbagi file secara online dan tentu saja aman. Dengan menyimpan data atau file pada layanan tersebut kita tidak perlu lagi menyimpannya di komputer atau handphone sehingga tidak memenuhi komputer atau hardisk, terlebih jika data jarang digunakan, namun merasa sayang untuk dibuang atau dihapus, maka sebaiknya simpan saja di layanan ini sehingga jika sewaktu-waktu dibutukan bisa diambil dan dibuka kembali.

Fungsi Dan Manfaat Dropbox

Adapun fungsi dari dropbox adalah kita tidak direpotkan untuk membeli dan membawa flashdisk atau hardisk external karena kemanapun kita pergi file yang kita simpan bisa diakses selama kita terhubung ke internet. Seperti kita tahu bahwa flashdisk dan hardisk external merupakan barang yang mudah hilang dan mudah rusak, apa jadinya jika flashdisk/hardisk yang berisi file penting tiba-tiba rusak atau hilang disaat-saat penting? Tentunya kita tidak mau direpotkan dengan hal-hal seperti itu. Fungsi dan Manfaat Dropbox selanjutnya dapat dijadikan sebagai web hosting. Bagi kamu yang ingin punya website/blog tapi ingin tetap gratis, jangan khawatir karena kita bisa memanfaatkan dropbox sebagai web hosting. Selain itu, manfaat dan fungsi lainnya juga dapat Anda lihat di bawah ini.

  • Menyimpan dan Berbagi File

Jika kita memiliki file-file penting alangkah lebih baiknya jika kita menyimpan file tersebut ditempat yang bisa kita akses dimana aja tanpa harus colok-colok flashdisk, ini untuk mengurangi resiko hilangnya file atau sesuatu yang tidak kita inginkan. Melalui aplikasi dropbox kita bisa menyimpan dan berbagi file dengan mudah, misalnya untuk file yang sifatnya penting seperti laporan skripsi, kita harus berhati-hati menjaga file tersebut agar tidak hilang atau terkena virus, file yang sudah kita simpan di Dropbox juga bisa kita bagikan ke teman-teman kita dengan mudah, atau siapapun yang membutuhkannya kita bisa atur dengan siapa kita ingin membagikannya.

  • Membawa Dokumen ke Mana Saja

Aplikasi dropbox dapat disinkronkan secara otomatis ke semua perangkat kita, sehingga dapat memudahkan kita ketika mengakses file yang sudah kita simpan di Dropbox dimana saja saat perjalanan. Hebatnya lagi, semua jenis file bisa disimpan dan diakses di dalam Dropbox, melalui perangkat apapun itu kita juga bisa mengakses file-file tersebut, dan bahkan ketika sedang offline kita masih tetap bisa bekerja menggunakan aplikasi Dropbox.

  • Mengirim Video dengan Cepat dan Mudah

Anda punya video yang bagus dan sayang kalau ditonton sendirian, bagi Anda yang telah menggunakan aplikasi Dropbox untuk berbagi video tersebut ke orang-orang yang Anda kenal meskipun mereka tidak memiliki akun Dropbox sama sekali. Dropbox mampu mengupload video dengan size yang besar, kemudian terdapat fitur untuk membagikan hasil video yang kita upload tersebut langsung ke orang yang dituju, seperti melalui email, aplikasi obrolan, dan sms.

Pada link tautan tautan yang telah kita bagi tersebut terdapat dua pilihan yang bisa dipilih, yaitu pilihan untuk mengunduh video tersebut dan pilihan untuk menonton video.

  • Mengamankan Foto-foto Kesayangan

Ponsel hilang atau rusak bisa saja terjadi pada kita dan bila itu terjadi maka akan sangat disayangkan apabila foto-foto yang sudah kita ambil hilang begitu saja. Apabila foto-foto tersebut hanya kita biarkan di dalam ponsel maka kapasitas memori akan berkurang dan kita tidak bisa mengabadikan foto-foto yang lainnya lagi.

Kabar baiknya aplikasi Dropbox terdapat fitur untuk mencadangkan foto dari ponsel kita secara otomatis, kemudian foto-foto yang sudah terunggah tersebut akan ditata secara otomatis berdasarkan tanggal dan bisa diakses di semua perangkat yang kita punya. Kita juga bisa membuat album dan membaginya ke teman-teman yang kita punya.

  • Mengerjakan Dokumen Secara Bersamaan

Kita bisa mengerjakan dokumen bersama-sama melalui fitur yang diberikan oleh Dropbox. Caranya kita bisa membuat sebuah “folder bersama” yang bisa kita isi orang-orang yang terlibat di dalam isi folder tersebut, sehingga kita bisa mengedit dan mengubah dokumen secara bersama-sama tanpa perlu repot bolak-balik kirim email. Ketika dokumen tersebut diedit bersamaan maka setiap orang akan mendapatkan perubahannya secara otomatis.

Cara Menggunakan Dropbox

Setelah kita sudah menjelaskan manfaat dropbox, tidak ada salahnya kita harus tau cara menggunakan dropbox dropbox ini. sebaiknya kita mengintall aplikasinya di komputer kita. Dropbox tersedia di windows, linux dan mac jadi kita bisa berbagi file lintas OS. Setelah mendaftar, unduh aplikasinya, selepas itu buka file yang sudah kita unduh lalu install seperti menginstall aplikasi lainnya.

Setelah terinstall nantinya di laptop Anda akan muncul satu folder baru bernama “Dropbox”. Kita bisa menggunakannya seperti biasa seperti membuat folder baru, memindahkan file dsb semua file yang ada di folder tersebut akan di upload dan disimpan di server dropbox untuk bisa Anda akses dari device atau dari tempat lain. Dropbox menyediakan 2GB gratis ruang penyimpanan, jika Anda membutuhkan lebih banyak ruang penyimpanan maka bisa mengupgrade ke versi berbayar.

Alternatif Dropbox Terbaik

Pada tahun 2007 hanya digunakan untuk penggunaan pribadi, kini menjadi layanan penyimpanan awan paling populer di dunia. Hingga Maret 2016, Dropbox memiliki 500 juta pengguna. Alat daring memungkinkan pengguna untuk berbagi file, memiliki akses instan ke mereka di semua perangkat dan membantu bisnis berkolaborasi dengan mudah.

Ini berfungsi pada model bisnis freemium, di mana Anda mendapatkan 2 GB penyimpanan secara gratis. Meskipun semua penawaran yang menggiurkan, tidak semua orang menyukai layanan Dropbox. Dalam beberapa tahun terakhir, mereka memiliki beberapa peretasan yang menyusupi lebih dari 50 juta akun.

Untuk layanan cloud apa pun, keamanan adalah masalah besar pertama, yang gagal mereka selesaikan secara efektif. Untungnya, ada banyak layanan yang sama-sama bagus; beberapa bahkan lebih baik dalam hal menyediakan fitur dan keamanan. Mempertahankan jumlah fitur, harga, dan faktor keamanan dalam pikiran, kami telah memilih beberapa alternatif Dropbox yang mengesankan yang mungkin membuat Anda kehilangan layanan yang saat ini Anda gunakan. Tak perlu dikatakan, layanan ini kompatibel dengan semua perangkat dan sistem operasi.

1. Sinkronisasi

Seperti Dropbox, Sinkronisasi mempermudah berbagi dan mengakses file Anda dari perangkat apa pun. Apa perbedaannya? Yah, ia menyediakan enkripsi end-to-end, yang memastikan bahwa hanya Anda yang dapat mengakses data Anda di cloud, tidak ada orang lain, bahkan tidak menyinkronkan pengembang. Dengan Sinkronisasi, Anda dapat mengontrol akses dengan kata sandi, tanggal kedaluwarsa, pemberitahuan email, dan kapasitas unggah.

Tidak ada batasan pada ukuran file dan lalu lintas dan menghubungkan penerima mendapatkan akses instan tanpa memerlukan akun Sinkronisasi. Untuk penggunaan pribadi dan keluarga, Anda dapat meningkatkan akun gratis Anda menjadi $ 49 per tahun hingga penyimpanan 500 GB, atau $ 96 per tahun untuk 2 TB penyimpanan.

2. Zoho Docs

Layanan file sharing Zoho sangat ideal untuk usaha kecil dan perusahaan. Ini menawarkan beberapa fitur tambahan yang cukup mengesankan, seperti integrasi email, integrasi Dropbox (jika Anda ingin menggunakan keduanya), unggahan massal, manajemen akses, editor dokumen inbuilt, penandaan, riwayat versi, tanda tangan digital dan banyak lagi. Meskipun mendukung beberapa jenis umum file bisnis termasuk, presentasi dan spreadsheet, itu tidak memiliki kemampuan untuk menjalankan jenis file industri khusus seperti PSD, DXF dan MPP. Jadi sebelum berinvestasi di Zoho, pastikan mendukung format yang mungkin Anda butuhkan di masa depan. Anda dapat meningkatkan ruang hingga 100 GB seharga $ 5 per bulan, atau 1 TB seharga $ 8 per bulan.

3. Cloudup

Cloudup ke Dropbox karena pesan instan dikirimkan ke email. Itu membuat berbagi mudah dan indah untuk orang yang berbagi dan penerima. Ini memungkinkan Anda mengunggah file apa pun (termasuk video, tautan, dokumen, kode) menggunakan fitur drag-drop dan mengirim tautan file saat Anda bekerja. Cloudup adalah layanan penyimpanan dan berbagi file gratis terbesar, tetapi tidak memiliki kontrol versi, atau opsi untuk meningkatkan ke lebih banyak penyimpanan. Oleh karena itu, sangat cocok untuk penggunaan pribadi dan usaha kecil yang tidak berniat tumbuh lebih besar dari 5 orang.

4. Nextcloud

Nextcloud adalah platform berbagi file sumber terbuka yang menawarkan tautan tautan publik yang unik kepada banyak pengguna, masing-masing dengan pengaturan mereka sendiri seperti perlindungan kata sandi, hak baca / tulis dan tanggal kedaluwarsa. Mendukung banyak add ons untuk manajemen kontak, manajemen tugas untuk usaha kecil dan tingkat perusahaan. Platform ini cenderung menarik 3 jenis pengguna mereka yang membutuhkan potensi skalabilitas besar, mereka yang menjaga keamanan sebagai prioritas pertama dan mereka yang menjadi penggemar proyek open source lainnya.

Anda dapat menjalankannya di sebagian besar Linux, Apache, MySQL PHP atau server serupa. Baik tuan rumah instalasi NextCloud Anda dengan host web Anda saat ini atau pilih dari penyedia yang dikelola NextCloud. Untuk € 1900 per tahun, Anda mendapatkan dukungan tingkat perusahaan, yang mencakup akses ke insinyur inti, dukungan untuk aplikasi Anda yang disesuaikan dan konsultasi keamanan.

5. Tresorit

Tresorit dikenal dengan fitur keamanannya. Ini menyediakan layanan enkripsi end-to-end, menjaga data sensitif Anda aman dari peretas, pelanggaran internal dan mengintip pemerintah. Anda bahkan dapat memantau dan mengizinkan perangkat tertentu untuk memiliki akses ke file tertentu di dalam organisasi Anda. Privasi adalah masalah penting ketika menyangkut sinkronisasi dan berbagi informasi di cloud.

Tresorit menangani data Anda di bawah undang-undang privasi Swiss, yang menawarkan perlindungan yang lebih kuat dan lebih baik dibandingkan dengan undang-undang di AS dan UE. Harga mulai dari $ 10,42 per bulan untuk penyimpanan 200 GB (untuk individu), dan $ 12 per bulan untuk 1 TB penyimpanan (hingga 10 pengguna).

6. IDrive

Dengan kemampuan sinkronisasi ganda dan cadangan, pencocokan anggaran, IDrive adalah salah satu transaksi terbaik di penyimpanan awan dan cadangan cloud. Tidak seperti Dropbox, ia menawarkan perlindungan kata sandi untuk tautan terlepas apakah Anda menggunakan layanan premium atau tidak. IDrive menyediakan keamanan yang lebih baik dengan menyimpan kata sandi dan kunci enkripsi Anda di pusat datanya.

Namun, Anda dapat mengaktifkan enkripsi pribadi, secara efektif menjadikannya penyedia pengetahuan nol. Jika Anda menggunakan akun pribadi, Anda dapat meningkatkan ke 2 TB penyimpanan seharga $ 52,12 untuk tahun pertama setengah biaya Dropbox dan dua kali ruang penyimpanan. Jika ini tidak cukup, Anda dapat menabrak hingga 5 TB seharga $ 74,62. Yang terbaik adalah Anda tidak perlu membagi ruang antara penyimpanan dan cadangan. Keduanya mendapatkan jatah terpisah mereka sendiri.

7. hubiC

Ini adalah pilihan yang bagus jika Anda mencari alternatif Dropbox aman yang berbasis di luar Amerika Serikat. hubiC dikembangkan oleh grup OVH, sebuah perusahaan Perancis yang menawarkan berbagai layanan terkait dengan infrastruktur web, hosting dan sumber daya cloud. Hal pertama yang akan Anda perhatikan ketika membandingkannya dengan Dropbox adalah hubiC menyediakan berbagai penyimpanan gratis dalam jumlah besar.

Anda dapat mencadangkan sejumlah besar data melalui opsi “Cadangkan”. Ada opsi untuk meningkatkan ke 2,5 TB penyimpanan gratis hanya dengan merekrut pengguna lain ke layanan. Peningkatan mulai dari € 1 per bulan untuk 100 GB penyimpanan dan € 5 per bulan untuk 10 TB penyimpanan.

8. ownCloud

ownCloud adalah cara mudah untuk menyinkronkan file dan berbagi konten. Ini dihosting secara eksklusif di cloud pribadi Anda sendiri sehingga Anda dapat merasa yakin bahwa konten Anda terkendali. Layanan ini menyediakan antarmuka pengguna yang sederhana dengan favorit, tag, pencarian, dan cara lain untuk mendapatkan file Anda dengan cepat.

Fitur tambahan seperti mengedit dan dukungan pratinjau untuk lalat, integrasi fungsi pemindaian antivirus dan manajemen kuota lanjutan dengan penyimpanan penyimpanan eksternal yang dapat dikonfigurasi membuat alat ini lebih berharga. Ini telah terintegrasi dengan desktop GNOME. Proyek Raspberry Pi menggunakan ownCloud untuk membuat sistem penyimpanan cloud. Berlangganan perusahaan standar mulai dari $ 3,600 per tahun untuk 50 pengguna.

9. Resilio

Resilio (dibuat oleh BitTorrent) memungkinkan Anda secara otomatis menyinkronkan file antar perangkat melalui protokol aman, peer-to-peer. Ini melompati awan dan menemukan jalur terpendek di antara perangkat saat mengirim data, yang berarti tidak ada pengunggahan ke server pihak ketiga hanya sinkronisasi file yang sederhana dan cepat.

Anda bahkan tidak perlu koneksi internet. Alat ini menggunakan jaringan lokal, meskipun internet sedang mati. Yang perlu Anda lakukan adalah mengatur router di tempat dengan akses internet nol melalui jaringan pribadi. Untuk membuat pembaruan lebih cepat, itu hanya mengubah bagian yang telah berubah daripada mengunggah ulang seluruh file.

Juga, ada opsi untuk menjeda sinkronisasi untuk folder selektif, atau untuk semuanya sekaligus. Versi Pro dilengkapi dengan 3 mode sinkronisasi (terputus, sinkronisasi terpilih dan disinkronkan), kontrol akses tingkat folder dan akses sesuai permintaan ke file. Ini akan dikenakan biaya $ 59,99 (satu kali biaya).

10. pCloud

Perusahaan penyimpanan awan berbasis Swiss, pCloud menyediakan layanan cloud yang mudah digunakan untuk tujuan pribadi dan bisnis. Saat ini, mereka melayani hingga 6 juta pengguna. pCloud Crypto memungkinkan Anda melindungi dokumen rahasia Anda dengan keamanan canggih, membuatnya semudah menempatkan file dalam folder.

Ini adalah aplikasi keamanan yang mengenkripsi file di komputer lokal Anda, hanya mengunggah versi terenkripsi ke server cloud. Anda dapat mengunggah semua jenis file, terlepas dari ukurannya, langsung ke akun Anda. Ada dua rencana untuk memilih antara tahunan dan seumur hidup. Paket tahunan mulai dari $ 3,99 per bulan (untuk penyimpanan 500 GB), atau Anda dapat membayar biaya waktu $ 125 / $ 250 untuk penyimpanan 500GB / 2TB.

11. Amazon Drive

Pada hari-hari awal, Amazon Drive melalui beberapa pertarungan yang bersaing dengan Dropbox karena menawarkan penyimpanan dengan harga tinggi tetapi tidak ada sinkronisasi. Itu sekarang diubah dengan klien sinkronisasi untuk Mac, Windows, iOS, dan Android. Ini menggunakan jaringan server yang sama yang digunakan Amazon untuk Amazon S3 dan data internal sendiri.

Jika Anda adalah pelanggan Amazon, Anda sudah memiliki penyimpanan cloud gratis, yang dapat Anda tingkatkan ke ruang penyimpanan 100 GB seharga $ 11,99 per tahun, atau 1 TB seharga $ 59,99 per tahun. Dengan akun Amazon Prime Anda mendapatkan ruang penyimpanan foto tak terbatas (tergantung pada lokasi Anda) plus 5 GB untuk video dan file lainnya.

12. Mega

Mega mengiklankan fitur-fiturnya karena ‘file dienkripsi secara lokal sebelum diunggah ke cloud’. Terlepas dari fitur umum seperti akses global dengan perangkat apa pun, kolaborasi aman, dan cadangan terenkripsi langsung. Mega telah merilis beberapa dokumentasi API sehingga pengembang dapat menulis aplikasi mereka sendiri.

Pada Agustus 2016, Mega memiliki 50 juta pengguna terdaftar dan lebih dari 20 miliar file telah diunggah ke layanan dari lebih dari 245 negara. Anda dapat meningkatkan paket ke € 4,99 per bulan untuk penyimpanan 200 GB, dan naik hingga € 29,99 per bulan untuk 8 TB penyimpanan (dengan batas transfer 16 TB).

13. OneDrive

Microsoft OneDrive memungkinkan Anda berbagi file apa pun dan berkolaborasi dengan tim Anda dalam menuntut Office 365 secara real time. Anda dapat mengakses semua file Anda tanpa online dan karena ini adalah produk Microsoft, Anda akan selalu memiliki aplikasi Office terbaru, 1 TB penyimpanan OneDrive dan fitur OneDrive premium. Jika Anda mencari penyimpanan tanpa fitur premium, Anda dapat meningkatkannya menjadi 50 GB seharga $ 3 per bulan, atau 1 TB seharga $ 10 per bulan.

14. Kotak

Selain berbagi file dengan aman, Kotak memungkinkan Anda untuk membuat, mengedit, dan meninjau dokumen dengan orang lain dari perangkat apa pun secara realtime. Sambil memberikan keamanan tingkat perusahaan, itu memberi penekanan pada alat kolaborasi. Kemudahan penggunaan, integrasi dengan aplikasi favorit Anda dan kemudahan manajemen TI, menjadikannya pilihan yang sangat baik untuk tim kecil. Pengguna individu dapat meningkatkan hingga $ 10 per bulan untuk 100 GB penyimpanan, sementara dalam rencana bisnis (membutuhkan minimal 3 pengguna) memberi Anda jumlah penyimpanan yang sama sebesar $ 5. Dan ya, akun gratis mendapatkan dukungan pelanggan standar.

15. Google Drive

Google Drive tidak perlu diperkenalkan. Diluncurkan pada 2012, ia menawarkan kemampuan offline untuk macOS dan komputer Windows, serta perangkat iOS dan Android. Karena ini adalah produk Google, itu berfungsi baik dengan Google Sheet, Dokumen, Slide, dan paket Office. Juga, ada banyak aplikasi tambahan seperti MindMeister, PandaDoc, dan WordPress.

Demikianlah penjelasan mengenai Dropbox. Jadi apabila Anda memiliki data apa saja yang sekiranya tidak begitu penting tapi sayang untuk dihapus, Anda juga bisa simpan di dropbox tersebut. Semoga dengan adanya artikel ini dapat bermanfaat buat Anda.

Load More Related Articles
Load More By admin
Load More In blog
Comments are closed.

Check Also

Seperti Apa Itu Depresi? Berikut Panjelasannya

Kehilangan orang yang dicintai, dipecat dari pekerjaan, mengalami perceraian dan situasi s…